Cara Membuat Tape Atau Peyeum

Kategori │kulinerkulinerkuliner

Tape merupakan makanan olahan dari singkong, sebagai makanan trasisional tape masih di gemari sampai sekrang ini. Tape atau peuyeum dala bahasa sunda sudah ada sejak tahun 1970an. Bagi masyarakat jawa barat khususnya Bandaung, tape menjadi jenis makanan yang bida di konsumsi langsung atau menjadi bahan campuran makanan lain.
Sebagai makanan khas daerah sunda eksistensi tape sampai skarang masih sangat digemari sebagai oleh oleh atau buah tangan. Tapi taukah anda bagaimana proses pembuatan tape (peyeum). Bagaimana singkong berubah menjadi empuk dan enak dinikmati dengan kopi pahit.

Jika kalian penasaran bagaimana sih cara membuat tape, berikut beberapa tahapan dalam membuat tape.
Sebelum membuat tape ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya: Jenis Singkong, Ragi, dan proses fermentasi.
Untuk pemilihan jenis tape saya sarankan anda menghindari penggunaan singkong jenis singkong karet dan berikut jenis tape yang cocok jadi bahan dasar tape

-Singkong Mentega
-Singkong Burandul
-Singkong Manalagih

Nah jika sudah menentukan jenis singkong, berikut cara pembuatan tape.
Tahap pertama: Kupasa singkong kemudian bersihkan sampe tanah tanah yang menempel bersih
Kedua: Rebus singkong sampe setengah matang, ingan jangan sampe empuk, yang ada singkong bakal ancur, ngga bisa di olah. Patokannya warna saingkong sudah menjadi putih pucat agak kenuingan
Ketiga : tiriskan singkong sampe benar benar dingin setelah itu
Keempat: Siapkan ragi, pastikan ragi dalam kondisi halus yah, jangan ada gumpalan-gumpalan kasar
Kelima: Taburi singkong yang sudah dingin dengan ragi yang sudah disiapkan.
Keenam: Simpan singkong yang sudah di ragi di wadah yang di tutup kertas atau kain agar tidak ada udara masuk, sehingga proses permentasi berhasil. Tunggu sampe 24 jam kemudian, tape yang di wadah pembungkusnya bisa dibuka dan di angin-anginkan sampe nunggu 6 jam hingga tape atau peuyem matang sempurna.
Sebagai makanan tradisional, tapi tidak terlalu ketinggalan, karena banyak olahahn makann yang berbahan dasar dari tape, contoh saja di buat campuran es teler, jadi jadiin colenak, kemudian bolu tape dan masih banyak lagi.
Nah bagaimana tertarik dengan bagaimana cara membuat tape atau peyeum ? Untuk lebih detailnya bagaimana cara lengkap pembuatan tape, jika berminat kunjungi aja kingsunda. selain sebagai makanan tradisional, bagi kamu yang diet cocok juga loh makan tape ini sebagai pengganti nasi, namun jangan terlalu banyak. singkong yang sudah di permentasi ternyata mengandung alkohol, jika terlalu banyak di konsumsi akan menyebabkan perut kembung. maka seyogyanya dalam mengkonsumsi maknan yang sewajarnya saja.
Peluang ekonomi pembuatan tape
jika dilihat dari sudaut pandang ekonomi, bisnis tapi masih menggiurkan, apalagi di moment-moment tertentu seperti ramadhan. KArena pada moment itu banyak orang yang membutuhkan sebagai bahan campuran baik jajanan es, kolak dan lain sebagaimnya. Tape juga sangat cocok disajikan ketika berbuka, sehingga permintaan nya cukup meningkat.
tapi harus di ingat jangansampai dimakan disiang hari pada waktu bulan ramadhan karena bisa membatalkan saat berpusa.
mungkin dari saya cukup sekian mohon maaf jika ada salah kata, kalo ada yang ditanyakan boleh di koment ya
terima kasih



Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Cara Membuat Tape Atau Peyeum
    Komentar(0)